Ads 468x60px

Senin, 28 Januari 2013

Workshop Pengembangan Tanaman Obat (TOGA)

Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (SALIMAH) Riau menaja kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Tanaman Obat untuk Peningkatan Pendapatan dan Kesehatan Masyarakat pada hari Sabtu, 14 April 2012.  Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian Republik Indonesia.  Kegiatan yang berlangsung di Aula BPTP (Balai Penelitian Tanaman dan Pangan) Provinsi Riau ini bertujuan untuk mewariskan tradisi nusantara untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Acara ini dibuka langsung oleh Pimpinan Wilayah SALIMAH Riau, Hj. Nurmailis, SE.  Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini dengan baik dan menyambut baik peserta yang telah antusias berpartisipasi mengikuti bimbingan teknis yang untuk pertama kalinya diadakan di Pekanbaru ini.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari Pimpinan Daerah SALIMAH Riau serta beberapa utusan majlis ta'lim dan kelompok tani yang ada di sekitar wilayah Kota Pekanbaru. Ketua Panitia Pelaksana, Diah Wahyu Ratna, M.Pd, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara ini untuk memotivasi dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan keluarga dengan tanaman-tanaman obat yang diramu dengan tangan-tangan ibu-ibu yang peduli dengan kesehatan keluarga dengan memanfaatkan tanaman obat milik sendiri di pekarangan rumah. 

Dalam Bimbingan Teknis Pengembangan Tanaman Obat ini peserta dibekali dengan beberapa materi, yakni dari Puslitbangbun (Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan) oleh Ibu Prof. DR. Elna Karmawati, Wakil Kepala BPTP Riau (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Ibu Ir. Ika Purwani, M.Si, dan Ketua Bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) PP SALIMAH Ibu Rusmiyati, S.Pd.  Dalam paparannya pemateri menerangkan bahwa pola makan yang tidak sehat dapat memicu timbulnya penyakit yang tentunya memerlukan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Dengan sikap preventif dan antisipatif atas timbulnya penyakit di keluarga akan membuat kita cepat menanggulanginya.

Setelah acara selesai, harapan dari PW SALIMAH Riau kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memanfaatkan jenis tanaman yang berkhasiat obat dan sekaligus menyalurkannya agar masyarakat dapat lebih mengenal keanekaragaman hayati yang tersebar di pelosok negeri kita ini.http://salimahinhu.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar