Ads 468x60px

Minggu, 03 Februari 2013

Pelatihan Tahsinul Qur'an oleh SALIMAH

Agenda pertama yang dilakukan oleh PD Salimah Indragiri Hulu pada tahun 2013 adalah mengadakan Pelatihan Tahsinul Qur'an, yang bertajuk "Membangun Persaudaraan di Atas Pilar Al Qur'an". Pelatihan ini diikuti oleh 70 orang peserta dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu. Peserta adalah ibu-ibu dari anggota majlis ta'lim yang direkomendasikan oleh tiap BKMT Kecamatan. 

Acara pelatihan tahsinul Qur'an yang diadakan di Wisma Happy Pematang Reba pada hari Ahad, tanggal 3 Februari 2013 ini dihadiri oleh Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Ibu Karmiatun Harmaini. Dalam sambutannya Beliau menyatakan dukungan sepenuhnya atas kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Ormas Salimah. Sementara itu, Ketua Salimah PD Indragiri Hulu, Azizah, S.Pd.I dalam sambutannya menguraikan secara gamblang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Salimah selama satu tahun periode kepengurusan, dan mengajak tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan semua hadirin yang hadir untuk berpartisipasi dan bergabung bersama Salimah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berkualitas. 


Pelatihan ini dibuka dengan opening ceremony, dan dilanjutkan dengan tausyiah oleh Ust. Edi mengenai betapa pentingnya belajar Al Qur'an dan mengajarkannya. Selanjutnya masuk ke acara inti yakni pelatihan tahsinul Qur'an oleh Ust. Rahmat Kuntoro, S.Sos.I. Beliau mengajarkan bagaimana cara membaca Al Qur'an sesuai hukum tajwid yang benar dan mengeluarkan huruf sesuai makhrajnya. Para peserta tampak serius tetapi santai saat mengikuti pelatihan, sesekali diiringi dengan gelak tawa peserta. Setelah kegiatan pelatihan, diadakan lomba tahsinul Qur'an dengan peserta yang telah diseleksi sebelumnya dari tiap kecamatan oleh pengurus Salimah. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai doorprize yang telah disiapkan oleh panitia. Di akhir acara diumumkan pemenang lomba, dengan juara pertama diraih oleh perwakilan Kecamatan Rengat Barat selaku tuan rumah, diikuti juara kedua yang diraih oleh perwakilan Kecamatan Batang Cenaku, sedangkan juara ketiga diraih oleh perwakilan Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Pelatihan semacam ini diharapkan tidak hanya menambah pengetahuan dan wawasan keislaman ibu-ibu tetapi juga mempererat tali persaudaraan diantara sesama muslimah pada umumnya, dan muslimah di Kabupaten Indragiri Hulu khususnya.

0 komentar:

Posting Komentar